test
Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaLombokJangan Lewatkan City Tour Di Pulau Lombok! 5 Destinasi Wisata Terbaik Di...

Jangan Lewatkan City Tour Di Pulau Lombok! 5 Destinasi Wisata Terbaik Di Kota Mataram, Ada Pantai Juga

PortalLombok.com – Lagi liburan di Pulau Lombok? jika kamu tinggal di Kota Mataram, jangan lupa untuk mampir yuk di 5 Lokasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di kota mataram.

Kota mataram merupakan capital city di Pulau Lombok yang kini terkenal dengan pesona alam yang indah dan Sirkuit International Mandalika.

Untuk menuju ke kota mataram, membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bandara Internasional Lombok yang terletak di kabupaten Lombok Tengah.

Namun kini Kota Mataram sering menjadi tempat tinggal bagi wisatawan karena tempatnya yang strategis dan berada di tengah Pulau Lombok.

Baca juga : Polemik Kasus Tanah Gili Trawangan, Gubernur NTB Dianggap Bela Investor Asing, Warga: ‘Pakai Hati Nurani, Pak’

Tapi jangan khawatir, Kota Mataram juga memiliki keindahan kota yang cukup asri untuk kalian jajaki, selain sebagai pusat perbelanjaan, ada beberap pantai yang menjadi destinasi favorit nih dan menjadi tempat tujuan wisata untuk kamu yang ke Lombok tapi tak ingin perjalanan jauh, dikutip dari berbagai sumber, Senin, 20 Maret 2023.

Satu, Pantai Ampenan

Suasana Pantai Ampena kala sunset (sumber: Instagram.com/@mataram.kita

Pantai Ampenan terletak di ujung barat kota mataram, pantai ini termasuk pantai tertua di kota mataram.

Zaman dahulu Pantai Ampenan merupakan pelabuhan dimana sekitarnya menjadi pusat perdagangan yang ramai,sehingga tidak heran pantai ini tetap ramai hingga saat ini dan menjadi pusat kuliner di Kota Mataram.

Kini Pantai Ampenan menjadi salah satu lokasi yang wajib di kunjungi, kalian juga bisa menikmati kuliner lokal yang di jajakan sepanjang pantai dengan rasa yang menggugah selera.

Untuk menuju pantai ini kalian dapat menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari pusat kota.

Dua Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan (sumber: instagram.com/@mmetravel

Kota Tua Ampenan letaknnya bersebelahan dengan Pantai Ampenan, dahulu nya daerah Ampenan merupakan pusat kota di Lombok, sehingga peradaban pembangunannya lebih maju,dan banyak bangunan bangunan pertokoan.

Namun sejak di alihkan ke Kota Mataram, Kota Ampenan menjadi sepi, kota ini banyak di tinggali oleh keturunan campuran dari beragam ras, seperti Tionghoa, Timur Tengah, bahkan Melayu.

Hal ini lah yang membuat Kota Tua Ampenan begitu menarik dengan perpaduan komtruksi bangunan lama yang berciri khas ras campuran.

Lokasinya tepat sebelum kalian memasuki Pantai Ampenan karena kawasan ini terintegrasi langsung.

Tiga Pantai Gading

Pantai Gading Mataram (sumber : Instagram.com/@meidyanur)

Pantai Gading salah satu destinasi wisata yang pasti ramai di kunjungi saat weekend, kawasan pantai ini masih dalam bentangan pantai pesisir Ampenan namun berada di ujung selatan Kota Mataram, dan menjadi pantai paling selatan di wilayah kota Mataram.

Aktifitas pantai dapat kalian nikmati di sini seperti berenang dan juga menikmati ombak.

Tidak sedikit orang datang kesini untuk menikmati sunset yang dapat terlihat jelas. Untuk akses ke pantai ini kalian harus membayar biaya parkir kendaraan saja.

Untuk datang kesini harus menggunakan transportasi pribadi karena belum ada transportasi umum yang memungkinkan.

Empat Taman Loang Baloq

Taman Loang Baloq Mataram (Sumber: Instagram.com/@semeton_hmr)

Taman Loang Baloq yang satu ini masih terbilang baru di Kota Mataram, baru tahun lalu taman ini di resmikan oleh Mentri Kemparekraf Sandiaga Uno, menjadikan taman ini taman multifungsi untuk masyarakat Kota Mataram beraktifitas dan relaksasi.

Bagaimana tidak, taman ini terletak di pinggir pantai di kawasan Lingkar Selatan Kota Mataram, dimana di taman ini tersedia beragam fasilitas seperti skate board field, taman olahraga, musola, kamar mandi, lesehan, warung-warung kecil, panggung serta areal duduk penonton, gazebo, bahkan lapangan multifungsi.

Aktifitas masyarakat di sore hari akan mulai terlihat di sini walaupun hanya sekedar untuk menikmati hembusan angin.

Taman ini juga di seberangnya terdapat makam Loang Baloq. Dimana merupakan makam salah satu wali di Kota Mataram, sehingga tidak heran banyak masyarakat yg sengaja datang untuk berziarah juga ke makam ini sambil menikmati taman di pinggir pantai.

Lima Taman Pura Mayura

Taman Pura Mayura (Sumber: Instagram.com/@virallombok

Taman Pura Mayura adalah taman yang di dalam nya terdapat Pura Penyembahan untuk umat beragama hindu, di lengkapi dengan danau buatan,bangunan menyerupai Bejingah di tengah danau dan juga air mancur 9 naga yang dahulu di gunakan untuk mandi.

Dahulu nya taman ini di buat oleh raja Karangasem Bali yang menduduki wilayah Cakranegara, untuk sebagai tempat beribadah dan pertemuan raja raja.

Namun kini taman ini menjadi salah satu situs yang di lestarikan karena memiliki nilai sejarah tinggi.

Kegiatan yang dapat dilakukan di sini adalah sekedar melakukan joging mengelilingi danau, bersantai di pinggir danau, atau berkeliling melihat beragam bangunan di wilayah ini, bahkan untuk umat Hindu untuk sembahyangan dan melakukan kegiatan tarian tradisional.

Taman Mayura begitu populer di kalangan turis mancanegara, tidak sedikit turis yang berkunjung ke tempat ini karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Baca juga: Angkat Koper, Dua Anggota DPRD NTB Ini Resmi Diberhentikan Dan Digantikan, Siapa Saja?

Cukup dengan lima ribu rupiah kalian sudah dapat masuk dan parkir di lokasi taman mayura.***

(REI-02)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments